Review Fungsi Fitur dari Aplikasi Instagram -UPAPSI4
Perkenalkan nama saya Risa Trirahayu (4419210012) di blog saya kali ini saya akan mereview sebuah fitur dari aplikasi Instagram.
Apa itu instagram?
Instagram secara sederhana dapat didefinisikan sebagai aplikasi mobile berbasis iOS, Android dan Windows Phone dimana pengguna dapat membidik, meng-edit dan mem-posting foto atau video ke halaman utama Instagram dan jejaring sosial lainnya. Foto atau video yang dibagikan nantinya akan terpampang di feed pengguna lain yang menjadi follower Anda. Sistem pertemanan di Instagram menggunakan istilah following dan follower. Following berarti Anda mengikuti pengguna, sedangkan follower berarti pengguna lain yang mengikuti Anda. Selanjutnya setiap pengguna dapat berinteraksi dengan cara memberikan komentar dan memberikan respon suka terhadap foto yang dibagikan.
Fitur yang ada di instagram
1. kamera
Instagram mempunyai sejumlah fitur-fitur unggulan yang membuatnya digemari oleh jutaan pengguna. Yang pertama adalah fitur kamera, dimana lewat Instagram pengguna tidak hanya bisa mengunggah foto dari galeri. Tetapi dapat juga langsung membidik atau merekam momen dari dalam aplikasi kemudian mengedit, memberi caption baru membagikannya.
2. Pengikut
Sistem sosial di dalam Instagram adalah dengan menjadi mengikuti akun pengguna lainnya, atau memiliki pengikut Instagram. Dengan demikian komunikasi antara sesama pengguna Instagram sendiri dapat terjalin dengan memberikan tanda suka dan juga mengomentari foto-foto yang telah diunggah oleh pengguna lainnya. Pengikut juga menjadi salah satu unsur yang penting, dan jumlah tanda suka dari para pengikut sangat memengaruhi apakah foto tersebut dapat menjadi sebuah foto yang populer atau tidak. Untuk menemukan teman- teman yang ada di dalam Instagram, dapat menggunakan teman-teman mereka yang juga menggunakan Instagram melalui jejaring sosial seperti Twitter dan juga Facebook.
3. Efek Foto
Pada versi awalnya, Instagram memiliki 15 efek foto yang dapat digunakan oleh para pengguna pada saat mereka hendak menyunting fotonya. Efek tersebut terdiri dari: X-Pro II, Lomo-fi, Earlybird, Sutro, Toaster, Brannan, Inkwell, Walden, Hefe, Apollo, Poprockeet, Nashville, Gotham, 1977, dan Lord Kelvin.[15] Pada tanggal 20 September 2011, Instagam telah menambahkan 4 buah efek terbaru, yaitu Valencia, Amaro, Rise, Hudson, dan menghapus 3 efek, Apollo, Poprockeet, dan Gotham. Dalam pengaplikasian efek, para pengguna juga dapat menghilangkan bingkai-bingkai foto yang sudah termasuk di dalam efek tersebut.
Fitur lainnya yang ada pada bagian penyuntingan adalah tilt-shift yang fungsinya sama dengan efek kamera melalui Instagram, yaitu untuk memfokuskan satu titik pada sebuah foto, dan sekelilingnya menjadi buram. Dalam penggunaannya aplikasi tilt-shift memiliki 2 bentuk, yaitu persegi panjang dan bulat. Kedua bentuk tersebut dapat diatur besar dan kecilnya dengan titik fokus yang diinginkan. Tilt-shift juga mengatur rupa foto di sekeliling titik fokus tersebut, sehingga para pengguna dapat mengatur tingkat keburaman pada sekeliling titik Fokus di dalam foto tersebut.
4. Mengunggah Foto dan Video
Kegunaan utama dari Instagram adalah sebagai tempat untuk mengunggah dan berbagi foto dan video kepada pengguna lainnya. Foto yang ingin diunggah dapat diperoleh melalui kamera iDevice ataupun foto-foto yang ada di album foto di iDevice tersebut.
5. Arroba
Seperti Twitter dan juga Facebook, Instagram juga memiliki fitur yang dapat digunakan penggunanya untuk menyebut pengguna lainnya dengan manambahkan tanda arroba (@) dan memasukkan nama akun Instagram dari pengguna tersebut. Para pengguna tidak hanya dapat menyebut pengguna lainnya di dalam judul foto, melainkan juga pada bagian komentar foto. Pada dasarnya penyinggungan pengguna yang lainnya dimaksudkan untuk berkomunikasi dengan pengguna yang telah disinggung tersebut.
6. Shoppable Post
Tiap kali upload post, kamu bisa langsung kasih harga di masing-masing item yang kamu jual. Pertama kali, harga itu nggak bakal muncul. Cuman waktu post itu diklik, akan otomatis muncul harga sesuai yang kamu tulis tadi. Bahkan lebih kerennya lagi, nggak ada syarat minimal jumlah followers di akun itu. (Nggak kayak fitur Instagram Story Swipe) Jelas sih kalau fitur ini bisa meningkatkan sales atau penjualan serta omset bisnis online Anda. Tapi nggak berarti kalau fitur ini jadi satu-satunya andalan. Jangan lupa untuk memberi edukasi ke calon customer tentang benefit atau keuntungan produk di dalam caption. Terakhir, ajak mereka buat beli lewat shoppable posts ini. Taruh CTA dan harga yang paling menarik. Usahakan untuk selalu kasih penawaran termurah dulu dan lakukan upsell. Sayangnya, fitur keren ini masih tersedia di luar negeri aja. Daftar negara yang diberi akses ke fitur ini antara lain adalah Amerika atau USA, Brazil, Canada, Australia, United Kingdom, German, Prancis dan Italia.
Terimakasih semoga bermanfaat .
Risa Trirahayu (4419210012)
Komentar
Posting Komentar