Review Fungsi Fitur dari Aplikasi Instagram -UPAPSI4

 Perkenalkan nama saya Risa Trirahayu (4419210012) di blog saya kali ini saya akan mereview sebuah fitur dari aplikasi Instagram. 

    Apa itu instagram?

         Instagram secara sederhana dapat didefinisikan sebagai aplikasi mobile berbasis iOS, Android dan Windows Phone dimana pengguna dapat membidik, meng-edit dan mem-posting foto atau video ke halaman utama Instagram dan jejaring sosial lainnya. Foto atau video yang dibagikan nantinya akan terpampang di feed pengguna lain yang menjadi follower Anda. Sistem pertemanan di Instagram menggunakan istilah following dan follower. Following berarti Anda mengikuti pengguna, sedangkan follower berarti pengguna lain yang mengikuti Anda. Selanjutnya setiap pengguna dapat berinteraksi dengan cara memberikan komentar dan memberikan respon suka terhadap foto yang dibagikan. 

    Fitur yang ada di instagram

      1. kamera

        Instagram mempunyai sejumlah fitur-fitur unggulan yang membuatnya digemari     oleh jutaan pengguna. Yang pertama adalah fitur kamera, dimana lewat                        Instagram pengguna tidak hanya  bisa mengunggah foto dari galeri. Tetapi dapat         juga langsung membidik atau merekam  momen dari dalam aplikasi                            kemudian mengedit, memberi caption baru membagikannya.

    2. Pengikut 

       Sistem sosial di dalam Instagram adalah dengan menjadi mengikuti akun                 pengguna lainnya, atau memiliki pengikut Instagram. Dengan demikian                     komunikasi antara sesama pengguna Instagram sendiri dapat terjalin dengan             memberikan tanda suka dan juga mengomentari foto-foto yang telah diunggah         oleh pengguna lainnya. Pengikut juga menjadi salah satu unsur yang penting, dan      jumlah tanda suka dari para pengikut sangat memengaruhi apakah foto tersebut         dapat menjadi sebuah foto yang populer atau tidak. Untuk menemukan teman-            teman yang ada di dalam Instagram, dapat menggunakan teman-teman mereka         yang juga menggunakan Instagram melalui jejaring sosial seperti Twitter dan             juga Facebook.

   3. Efek Foto

         Pada versi awalnya, Instagram memiliki 15 efek foto yang dapat digunakan oleh para                 pengguna pada saat mereka hendak menyunting fotonya. Efek tersebut terdiri dari: X-Pro II,         Lomo-fi, Earlybird, Sutro, Toaster, Brannan, Inkwell, Walden, Hefe, Apollo, Poprockeet,                 Nashville, Gotham, 1977, dan Lord Kelvin.[15] Pada tanggal 20 September 2011, Instagam             telah menambahkan 4 buah efek terbaru, yaitu Valencia, Amaro, Rise, Hudson, dan                     menghapus 3 efek, Apollo, Poprockeet, dan Gotham. Dalam pengaplikasian efek, para                 pengguna juga dapat menghilangkan bingkai-bingkai foto yang sudah termasuk di dalam efek     tersebut.

        Fitur lainnya yang ada pada bagian penyuntingan adalah tilt-shift yang fungsinya sama             dengan efek kamera melalui Instagram, yaitu untuk memfokuskan satu titik pada sebuah foto,     dan sekelilingnya menjadi buram. Dalam penggunaannya aplikasi tilt-shift memiliki 2 bentuk,         yaitu persegi panjang dan bulat. Kedua bentuk tersebut dapat diatur besar dan kecilnya                 dengan titik fokus yang diinginkan. Tilt-shift juga mengatur rupa foto di sekeliling titik fokus             tersebut, sehingga para pengguna dapat mengatur tingkat keburaman pada sekeliling titik           Fokus di dalam foto tersebut.


    4. Mengunggah Foto dan Video


       Kegunaan utama dari Instagram adalah sebagai tempat untuk mengunggah dan berbagi             foto dan video  kepada pengguna lainnya. Foto yang ingin diunggah dapat diperoleh melalui         kamera iDevice ataupun foto-foto yang ada di album foto di iDevice tersebut.


    5. Arroba


       Seperti Twitter dan juga Facebook, Instagram juga memiliki fitur yang dapat digunakan                penggunanya untuk menyebut pengguna lainnya dengan manambahkan tanda arroba (@) dan     memasukkan nama akun Instagram dari pengguna tersebut. Para pengguna tidak hanya dapat     menyebut pengguna lainnya di dalam judul foto, melainkan juga pada bagian komentar foto.        Pada dasarnya penyinggungan pengguna yang lainnya dimaksudkan untuk berkomunikasi            dengan pengguna yang telah disinggung tersebut.


    6.  Shoppable Post

        

        Tiap kali upload post, kamu bisa langsung kasih harga di masing-masing item yang kamu     jual. Pertama kali, harga itu nggak bakal muncul. Cuman waktu post itu diklik, akan                 otomatis muncul harga sesuai yang kamu tulis tadi. Bahkan lebih kerennya lagi, nggak ada     syarat minimal jumlah followers di akun itu. (Nggak kayak fitur Instagram Story                    Swipe) Jelas sih kalau fitur ini bisa meningkatkan sales atau penjualan serta omset bisnis         online Anda. Tapi nggak berarti kalau fitur ini jadi satu-satunya andalan. Jangan lupa untuk     memberi edukasi ke calon customer tentang benefit atau keuntungan produk di dalam                 caption. Terakhir, ajak mereka buat beli lewat shoppable posts ini. Taruh CTA dan harga         yang paling menarik. Usahakan untuk selalu kasih penawaran termurah dulu dan lakukan         upsell. Sayangnya, fitur keren ini masih tersedia di luar negeri aja. Daftar negara yang             diberi akses ke fitur ini antara lain adalah Amerika atau USA, Brazil, Canada, Australia,         United Kingdom, German, Prancis dan  Italia.


Terimakasih semoga bermanfaat .



                                                                                                Risa Trirahayu (4419210012)


    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FLOW CHART PROSES BISNIS